Belajar Dari Rumah Yang Menyenangkan

Dampak dari penyebaran virus corona, sekolah-sekolah di Indonesia terpaksa diliburkan. Hal ini terjadi karena adanya kekhawatiran tempat belajar bisa menjadi sumber penyebaran virus. Tak terkecuali di SD Marsudirini Surakarta

Sekolah-sekolah diliburkan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona dan memastikan tidak ada lagi gejala yang muncul. Namun, libur bukan berarti bebas tugas. Sekolah tetap mengadakan kegiatan belajar mengajar secara online atau memberi penugasan.

Anak pun harus diberi pengertian bahwa mereka tetap harus belajar atau mengerjakan tugas seperti biasa.

Begitupun SD Marsudirini Surakarta, melalui program kurikulum terstruktur yang telah disusun oleh sekolah. SD Marsudirini Surakarta berusaha menjalin komunikasi yang baik dengan para siswa dan orang tua melalui sistem pembelajaran online dan berbagai tugas yang diberikan oleh bapak ibu guru.

Lalu bagaimana agar kegiatan belajar dari rumah ini dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan?

Yuk, simak tips berikut ini.

Disiplin

Meskipun berada di rumah, anak harus melakukan kebiasaan yang selalu diterapkan saat bersekolah. Misalnya, bangun jam 6 pagi, mandi, sarapan, dan bersiap-siap untuk sekolah. Lakukan hal yang sama di rumah. Ini membuat anak tetap disiplin meski di rumah.

Tempat Nyaman

Pilih ruangan yang tenang untuk menghindari potensi gangguan agar anak dapat tetap fokus. Selain itu, tempat belajar yang bersih, rapi dan tenang juga sangat penting untuk kelancaran proses belajar di rumah.

Bersama Orang tua

Mungkin bapak ibu guru menerapkan belajar online lewat internet, youtube, atau melakukan video conference. Tentu dalam pelaksanaannya memerlukan pendampingan, dalam hal ini orang tua.

Orang tua berlaku sebagai guru dengan mengajari anak agar mengerti tentang materi yang sedang dipelajari. Dan juga memastikan anak tetap fokus dalam memakai gawai atau gadgetnya hanya untuk kegiatan belajar, bukan memakainya untuk hal-hal yang lain, main game online misalnya.

Hubungi Guru

Pastikan untuk selalu berhubungan dengan bapak ibu guru. Dengan ini anak dan orang tua mendapatkan informasi mengenai pelajaran atau tugas yang harus diselesaikan.

Selain itu, jika menemukan kesulitan dengan materi pelajaran, anak dapat dapat mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Evaluasi

Evaluasi penting dilakukan setelah pembelajaran. Anak dapat merangkum atau membuat catatan tentang hal-hal penting dalam kegiatan belajar yang baru saja dilakukan.

Istirahat

Setelah selesai belajar atau mengerjakan tugas, anak sebaiknya beristirahat sebentar sebelum belajar atau mengerjakan tugas yang lain.

Nah itu beberapa tips belajar dari rumah yang menyenangkan. Yang terpenting jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan kebersihan ya, dan please stay at home.

Rev

Check Also

Ibadat Sabtu Pertama dan Peringatan Hari Arwah Orang Beriman

Pada hari ini Sabtu, 2 November 2019 SD Marsudirini Surakarta mengadakan ibadat sabtu pertama. Dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *