Sabtu Ceria di SD Marsudirini Surakarta, Wujud Kebersamaan Siswa, Guru dan Komite

Sabtu ceria yang berlangsung di SD Marsudirini, surakarta, Sabtu (29/2/2020) benar-benar berlangsung meriah.

Acara kali ini diisi dengan beberapa prestasi para siswa. Salah satunya adalah penampilan tari jaran kepang oleh para siswa kelas 4 yang tergabung dalam tim lomba Pesta Siaga.

Rangkaian acara dimulai sekitar pukul 07.30 WIB dan berlangsung di halaman sekolah. Untuk mengusir rutinitas kegiatan belajar mengajar serta untuk menjaga kesehatan, tidak hanya para siswa saja yang bergembira.

Para guru dan komite sekolah pun seolah melepas beban dalam keceriaan senam bersama. Dalam iringan musik lagu-lagu dan panduan dari instruktur senam, Letty yang sekaligus wali kelas 5, mereka pun larut dalam gerakan-gerakan senam yang menyehatkan.

Ratusan siswa yang mengelingi para guru dan komite sekolah bersenam, mereka menyanyikan lagu-lagu, membuat suasana semakin meriah dan gayeng.

Usai senam bersama, dilanjutkan dengan pembagian snack, makan sandwich bersama dan pembagian susu.

Kepala SD Marsudirini Surakarta, Fransisca Romana Srilani, SPd mengatakan, kegiatan Sabtu Ceria sebenarnya merupakan kegiatan yang dikoordinir oleh komite sekolah tiap minggu ke lima dalam satu bulan, yang melibatkan seluruh siswa kelas 1 hingga kelas 6.

“Tujuannya agar anak-anak gembira, dan lebih akrab dengan para guru maupun komite,” ujarnya.

Sesuai dengan sifatnya yang gembira, ujar Srilani, usai kegiatan Sabtu Ceria dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar dengan yang sifatnya ringan. Seperti olah vokal, kesenian, kulintang dan lain-lain.

Srilani mengatakan, kegiatan Sabtu Ceria digelar cukup variatif. Ia mencontohkan, Sabtu Ceria pada periode lalu pernah mengadakan dongeng ceria dengan mengundang pendongeng, pelukis, hingga menggelar parade permainan tradisional.

“Kegiatan ini cukup bagus, saya berharap akan terus kita adakan, apalagi anak-anak juga senang. Yang penting itu,” ujarnya.

Ketua Komite SD Marsudirini Surakarta, Maria Irena Hendriyanti mengatakan, Sabtu Ceria merupakan refreshing bersama bagi siswa, guru dan komite sekolah.

Menurut Maria, Sabtu Ceria merupakan kegiatan khas SD Marsudirini Surakarta untuk membina keakraban bersama.

“Yang menarik, tadi senam bersama komite dan guru yang ditonton para siswa. Ini menjadi contoh kebersamaan dan kesediaan orangtua mau terlibat dalam kegiatan sekolah,” ujarnya.

Dengan Sabtu Ceria, Maria berharap kekeluargaan di SD Marsudirini semakin terbuka. Baik guru, karyawan dan anak-anak, dan komunikasi semakin lancar,” ujarnya.

sumber: joglosemarnews.com 

Check Also

Orang Tua Sambut Baik Pembelajaran “Home Visit” di Masa Pandemi

Sejak pandemi Covid-19, dimana tidak diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka, SD Marsudirini Surakarta melakukan pembelajaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *